Generasi Lima Lima Satu

 يٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَتَّخِذُوا۟ ٱلْيَهُودَ وَٱلنَّصٰرَىٰٓ أَوْلِيَآءَ ۘ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ ۚ وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمْ فَإِنَّهُۥ مِنْهُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَهْدِى ٱلْقَوْمَ ٱلظّٰلِمِينَ

Ayat di atas terdapat dalam al Qur’an surah ke-5 (Al Maidah) ayat ke-51. Oleh Departemen Agama RI (sekarang Kementerian Agama), ayat tersebut diterjemahkan sebagai, “Hai orang-orang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin yang bagi sebagian mereka yang lan. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim” .

Dalam kitab tafsirnya, Ibnu Katsir rahimahullahu mengatakan tentang ayat ini, “Allah melarang hamba-hamba-Nya yang mukmin mengangkat orang-orang Yahudi dan Nasrani sebagai wali mereka, karena mereka adalah musuh-musuh Islam dan para penganutnya; semoga Allah melaknat mereka.” (ibnukatsironline.com)

Sangat jelas dalam ayat ini peringatan dari Allah bagi mereka yang menjadikan orang kafir sebagai pemimpin,

وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمْ فَإِنَّهُۥ مِنْهُمْ

“…Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka…”

Peringatan Allah dalam ayat ini senantiasa berlaku sampai hari kiamat. Sangat disayangkan jika hari ini masih ada sebagian orang yang ber-KTP Islam tetapi mendukung mati-matian orang kafir penghina al Qur’an untuk menjadi pemimpin disuatu daerah. Padahal Allah telah memberikan warning dalam ayat ini bahwa umat Islam adalah generasi yang menolak pemimpin kafir. Saya jadi ragu, apa benar mereka muslim? Q.S al Maidah (5): 51 telah memberikan jawabannya, فَإِنَّهُۥ مِنْهُمْ “…sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka…”.

Kamu muslim? Jadilah Generasi Qur’ani yang mengamalkan al Ma’idah (5) : 51, kami sebut sebagai Generasi 551 dimanapun kamu berada.  

________________________

Laboratorium Kimia FMIPA UNG, 10 Muharram 1438 H/12 Oktober 2016 M

 

About Abu Maryam

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Posted on October 12, 2016, in Catatanku and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(new) Iqmal Tahir's Blog

Ternyata tidak cuma kimia saja yang ingin kutulis...

Abu Maryam Notes

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S 58:11)

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: