Syiah Gorontalo Gerah dengan Keberadaan Wahdah Islamiyah

Fitnah murahan kembali dilayangkan oleh oknum yang tidak senang dengan gerakan dakwah yang dilakukan oleh ormas Wahdah Islamiyah. Sebenarnya, fitnah yang dimunculkan oleh akun facebook dengan nama Wahab Aw Nasaru adalah permasalahan yang sudah clear, terkait pemberitaan metro TV bahwa Wahdah Islamiyah adalah salah satu kelompok jaringan teroris di Indonesia. Metro TV sudah minta maaf, bahkan mewawancarai langsung pimpinan umum Wahdah Islamiyah, Ustad Muhammad Zaitun Rasmin hafidzahullahu ta’ala dan disiarkan live di metro TV sebagai bentuk pertanggungjawaban mereka kepada ummat khususnya pihak Wahdah Islamiyah (kalo mau bukti videonya silahkan googling aja). Masalah ini sudah sangat clear, Wahdah Islamiyah dan pimpinannya bukan kelompok atau jaringan teroris.

IMG-20160128-WA0000

Kembali ke akun Wahab Aw Nasaru (Te WAN), ngaku aktivis tapi orang ini kurang update berita. Rupanya bukan kali ini saja dia bikin sensasi, orang ini sudah pernah dipanggil oleh pihak KESBANGPOL Provinsi Gorontalo berkaitan dengan statusnya di facebook. Te WAN ini juga rupanya ingin membawa pemikiran baru di Bumi Serambi Madinah yang dia sebut Islam Gorontalo. Meskipun bukan orang Gorontalo, sependek pengetahuan saya, belum pernah ada warga Gorontalo yang memunculkan pemikiran Islam Gorontalo kecuali te WAN ini. Islam yang ada di Gorontalo adalah Islam yang berlandaskan Kitabullah (al Qur’an) dan Hadist Nabi Muhammad yang shahih, sebagaimana falsafah yang populer di Gorontalo, Adat Bersendikan Syara’, Syara’ Bersendikan Kitabullah. Mungkin Te WAN ini teracuni dengan pemikiran Islam Nusantara, sehingga dia berani memproklamirkan (tanpa dasar) Islam Gorontalo.

IMG_20160128_133258

Te WAN juga menuduh keberadaan Wahdah Islamiyah di Gorontalo membuat gaduh dan resah masyarakat. Gorontalo menjadi tidak aman, katanya. Rupanya, dia sendiri yang membocorkan masyarakat yang gaduh itu siapa? Rupanya warga yang gaduh itu pendukung syiah, kata te WAN “Islam Syiah”. Mereka gaduh karena kader-kader Wahdah Islamiyah Gorontalo menyebar buku Panduan yang diterbitkan MUI tentang Kesesatan Syiah. Kalo ini maksud te WAN yang bikin gaduh, bukan Cuma Wahdah Islamiyah yang sebar buku panduan ini. Semua ormas (NU, Muhammadiyah, PERSIS, dll) kecuali ormas syiah. Pemerintah Gorontalo sendiri mendukung penyebaran buku panduan dari MUI ini, sebagaimana terlihat dalam acara yang digelar beberapa bulan lalu oleh pemda Provinsi Gorontalo, tentang radikalisme di aula kantor BAPPEDA Provinsi Gorontalo (kebetulan saya ikut). Mungkin te WAN ini, ormas yang dia kenal getol “menghancurkan” gerakan syiah-isasai di Indonesia (khususnya Gorontalo)  cuma Wahdah Islamiyah.

Alhamdulillah, keberadaan Wahdah Islamiyah di Gorontalo telah banyak memberikan manfaat. Selain aktif dalam kegiatan dakwah, Wahdah Isalmiyah Gorontalo juga aktif dalam gerakan sosial kemasyarakatan, seperti donor darah, sunatan massal, bantuan untuk korban bencana alam, bakti sosial, mendirikan panti untuk anak yatim. Program-program dakwah Wahdah Islamiyah selalu bersinergi dengan program pemerintah, sehingga pemerintah pun mendukung program tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya program dakwah yang disupport dan dihadiri oleh pemerintah (Gubernur, Bupati, camat, dll), tidak perlu saya sebutkan detailnya.

Wahdah Islamiyah Gorontalo juga mengelola lembaga pendidikan. Diantaranya, TKIT dan SDIT Quratu A’yun di Kota Gorontalo (Jl. Arif Rahman Hakim, belakang Intertech Computer), MI, MTs Wahdah Islamiyah di Kabupaten Bone Bolango. Dengan berbagai program unggulan, utamanya menghafal Kitabullah (al Qur’an). Alhamdulilah beberapa waktu yang lalu santri Ponpes Wahdah Islamiyah Bone Bolango menjadi salah satu duta Provinsi Gorontalo dalam lomba Menghafal al Qur’an tingkat Nasional.

Pesan kami untuk Te WAN, jika benar-benar gentle silahkan datangi kantor atau menghubungi pengurus Wahdah Islamiyah Gorontalo, untuk meminta maaf langsung atas kekeliruannya, sebagaimana metro TV. Kami tunggu maafmu…

Semoga Allah senantiasa menjaga keikhlasan kita dalam kerja-kerja dakwah…

About Abu Maryam

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Posted on January 28, 2016, in Catatanku. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(new) Iqmal Tahir's Blog

Ternyata tidak cuma kimia saja yang ingin kutulis...

Abu Maryam Notes

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S 58:11)

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: