Betapa Ruginya..! Sudah Ada Bocoran Soal, Masih Saja Gagal

Ustad Ishak Abdul Razak Bakari, Lc

Jauh sebelum ujian dilaksanakan, seorang guru telah membocorkan soal dengan membagi-baginya kepada murid-murid. Guru itu memastikan bahwa pertanyaan diujian nanti berkisar pada contoh2 soal yang telah dibagi bahkan itulah soal yang sebenarnya tanpa ada penambahan ataupun pengurangan.
Setelah mendapatkan bocoran soal tersebut para murid terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama, percaya terhadap soal itu dan kelompok kedua tidak percaya tentang kebenaran bocoran soal tersebut. Mereka yang percayapun terbagi dua kelompok, ada yang mempelajari, menghafal, menganalisa dan menerapkannya, ada juga yang percaya namun tidak segera mempelajari dan menerapkannya. Mereka menunda – nunda dengan alasan jika ujian sudah dekat barulah mareka mempelajarinya. Begitu ujian telah tiba ternyata mereka tidak punya persiapan sehingga tidak berguna pengetahuan mereka tentang soal soal tersebut.

Tahukah anda siapakah guru itu ?
Dia adalah guru besar dan pendidik sejati, Muhammad Sallalahualaihi wasallam. Beliau telah mengingatkan kepada kita tentang ujian itu, saking cintanya kepada kita, beliau telah membocorkan pertanyaan-pertanyaan tersebut agar kita memiliki persiapan yang matang dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan benar.

Rincian Pertanyaan…..!

Setiap orang akan ditanya tentang tujuh perkara yang dibagi dalam dua tahapan;
tahapan pertama tiga pertanyaan di alam kubur dan tahapan kedua empat pertanyaan di hari kiamat.
Tiga Pertanyaan di alam kubur:
Siapa Tuhanmu…..?
Apa Agamamu…..?
Siapa Nabimu……?
Pertanyaan yang sangat mudah dijawab diatas permukaan bumi namun bisa saja sangat sulit untuk dijawab saat kita sudah berada di perut bumi. Betapa mudahnya menjawab pertanyaan ini di dunia, anak anakpun sudah menghafalnya namun belum pasti bisa dijawab saat sudah berada di kuburan.

Empat Pertanyaan Di Hari Kiamat :
Umur , dimana dihabiskan
Masa muda, dimana dilewatkan
Ilmu, apakah diamalkan
Harta, dari mana didapat dan kemana dibelanjakan

Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda :
Belum bergeser dua kaki seorang hamba dihari kiamat sehingga dia ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya dimana dia habiskan, masa muda dimana di lewatkan, ilmu apakah diamalkan, dan harta dari mana didapat dan kemana dibelanjakan.
Saudaraku, sungguh kita akan ditanya saat dihadapan Allah yang maha perkasa dan segera siapkan jawaban kita tentang pertanyaan yang begitu jelas lagi transparan ini. Momonlah taufiq dari Allah agar kita diberi kemauan untuk menuntut ilmu sekaligus kemampuan mengamalkannya sebagai persiapan jawaban terbaik di ujian akhirat nanti.
Andai kita gagal menjawab pertanyaan pertanyaan di dunia, jangan berkecil hati sebab masih ada ujian susulan, masih ada smester depan, masih ada tahun selanjutnya selama kita belum dinyatakan DO. Namun jika kita tidak mampu menjawab pertanyaan pertanyaan di akhirat maka tidak akan ada pengulangan, yang ada hanya kegagalan, kerugian dan kesengsaraan…..!!!!!!!

About Abu Maryam

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Posted on January 25, 2014, in Renungan and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(new) Iqmal Tahir's Blog

Ternyata tidak cuma kimia saja yang ingin kutulis...

Abu Maryam Notes

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S 58:11)

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: