Kimia Kehidupan: Hiduplah Secara Kinetis!

Bismillah…

Ingin kembali berbagi dengan para neter setelah absent dalam waktu yang lama🙂

Pada artikel ini saya ingin berbagi seputar kehidupan manusia ditinjau dari Aspek Reaksi Kimia. Tulisan ini terinspirasi dari seorang dosen kami, Yateman Arryanto (semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan dan kekuatan dalam segala aktivitasnya)

Secara umum reakai kimia terbagi atas 2, yakni reaksi termodinamis dan reaksi kinetis. Reaksi Termodinamis adalah reaksi yang disusun berdasarkan (sifat) keadaan awal dan akhir atau reaksi sederhana, karena reaksi ini hanya berlangsung hanya satu tahap. Reaksi termodinamis disebut juga reaksi cepat, karena kita tidak bisa mengikuti proses reaksinya. Sedangkan reaksi kinetis adalah reaksi yang didasarkan pada jalannya proses reaksi tersebut atau reaksi banyak tahap sehingga sering disebut reaksi rumit. prosesnya berlangsung lambat, sehingga kita bisa mengikuti proses reaksinya.

Dalam tataran kehidupan manusia, reaksi (baca:kehidupan) termodinamis berkaitann dengan sifat diri (bersifat subjektif) sedangkan reaksi kinetis berkaitan dengan proses (yang sifatnya objektif).

Kehidupan termodinamis adalah kehidupan yang serba instan, semu, mimpi belaka, rakus, monopoli yang berujung pada kekuasaan. Kehidupan termodinamis adalah kehidupan yang memandang secara struktural kehidupan,  seorang manusia, misalnya orang kaya, mau bersedekah (kepada orang miskin) hanya ketika ada momen (ingin menjadi anggota DPR misalnya), sehingga dari sini terlihat (dari segi struktural) ada pemisah antara orang kaya dan orang miskin.

Kehidupan kinetis adalah kehidupan yang realistis, sabar dalam menyikapi musibah, bersungguh-sungguh, jujur dalam segala tindakan, tidak menganggap remeh orang lain. Kehidupan kinetis adalah kehidupan yang selalu mengedepankan positive thinking.

So, Hiduplah secara kinetis! Don’t Think A Lot, Just Do It. Do The Best

(Sampoerna Corner UGM Library, Selasa, 16 Dzulqa’dah 1433 H/ 02 Oktober 2012 M)

About Abu Maryam

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Posted on October 2, 2012, in Catatanku and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. wow sekaLi ciH kawan Q ini,,hemm . . . . jadikan motto hidup “don’t think a lot, just do it. Do the best”,,, hihihiiiii

  2. Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(new) Iqmal Tahir's Blog

Ternyata tidak cuma kimia saja yang ingin kutulis...

Abu Maryam Notes

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S 58:11)

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: