Belajar Merawat Bunga Cinta

Cinta adalah ruh keimanan dan amal perbuatan. Ketika cinta cacat atau lenyap dari relung hati, maka ia ibarat jasad tanpa ruh, batin hidup merana tanpa kendali, ibadah menjadi hampa tanpa balasan yang berarti dan kontak batin dengan Rabbnya menjadi renggang dan sia-sia. Setiap muslim wajib belajar memelihara cinta dan melestraikan dalam hatinya sebaik mungkin, sehingga cinta terawat dengan indah dan tumbuh subur dalam sanubari. Agar mampu bercinta secara benar, kita harus berani belajar dan merawat cinta. Diantara langkah-langkah untuk memelihara dan merawat pohon cinta agar tumbuh subur dalam hati dan buahnya bisa dipetik pada saat panen, sehingga meraih cinta sejati dari Sang Kekasih ar-Rahman, sebagai berikut:

PERTAMA. Membaca al-Qur’an yang disertai penghayatan dan pemahaman terhadap makna-maknanya yang sesuai dengan maksudnya.

KEDUA. Mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan berbagai macam amalan nafilah (sunnah) setelah menunaikan kewajiban secara sempurna. Karena hal itu akan menghadirkan cinta dan kasih sayang Allah.

KETIGA. Terus-menerus mengingat Allah, baik secara lisan, hati, amal dan gerakan, karena peraihan cinta sejati sangat bergantung pada kadar dan kualitas dzikir dan kedekatan seorang hamba dengan Rabbnya.

KEEMPAT. Mendahulukan cinta Allah subhanahu wa ta’ala diatas cinta selain-Nya, terutama dikala sedang dimabuk rayuan ahwa nafsu. Demi cinta Allah, seorang hamba harus berusaha untuk mendaki bukti cinta-Nya, meskipun jurangnya curam, tebingnya terjal serta jalannya sulit ditempuh.

KELIMA. Hati harus diajak merenungi kandungan nama-nama Allah dan sifat-sifat-Nya. Juga berusaha menghadirkan konsekuensinya dalam alam realita dan mengenali maknanya serta terpesona dengan taman ma’rifat dan pilar-pilar asma’ul husna dan sifat-sifat Allah yang mulia. Barangsiapa yang mengenal Allah secara baik melalui nama-nama-Nya, sifat-sifat-Nya dan perbuatan-Nya pasti akan tumbuh kecintaan yang sangat mendalam.

KEENAM. Mengakui karunia Allah, kebaikan-Nya, limpahan rahmat-Nya dan sentuhan kenikmatan-Nya baik dhahir maupun batin, karena demikian itu akan menumbuhkan rasa cinta yang sangat bagus.

KETUJUH. Menumpahkan keluh-kesah hati dan perasaan batindi hadapan Allah pada setiap saat, yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata dan bahasa apapun, karena hanya hati yang mampu menampungnya.

KEDELAPAN. Berkhalwat dengan Allah subhanahu wa ta’ala pada saat turun-Nya, dalam rangka bermunajat dengan-Nya, membaca kalam-Nya, bersimpuh sepenuh hati untuk mengungkapkan makna ubudiyah kepada-Nya, kemudian ditutup dengan beristighfar dan bertaubat kepda-Nya.

KESEMBILAN. Bersanding dan berteman dengan orang-orang yang telah sukses bercinta dengan Allah subhanahu wa ta’ala secara jujur, untuk memetik mutiara hikmah dari petuah mereka seperti memetik buah segar dari taman pohon cinta yang subur nan rindang. Jangan berbicara di tengah majelis mereka kecuali ada maslahat pembicaraan. Dengan demikian keadaaan pribadimu semakin bertambah bagus dan kamu semakin bermanfaat buat orang lain.

KESEPULUH. Menjauhi segala perkara yang menjadi penghalang antara hubungan hatimu dengan Allah subhanahu wa ta’ala.

Sumber : Tafsir Cinta Ayat-ayat Cinta oleh Ust. Zaenal Abidin Syamsudin

About Abu Maryam

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Posted on December 14, 2010, in akhlak, Artikel Islamy. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(new) Iqmal Tahir's Blog

Ternyata tidak cuma kimia saja yang ingin kutulis...

Abu Maryam Notes

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S 58:11)

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: