Deskripsi Kemampuan Siswa Kelas XI RSBI SMAN 3 Gorontalo Dalam Menyelesaikan Soal-soal Kimia Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Pada Materi Ketimbangan Kimia

ABSTRAK

Jafar La Kilo. 2010. Deskripsi Kemampuan Siswa Kelas XI RSBI SMAN 3 Gorontalo Dalam Menyelesaikan Soal-soal Kimia Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Pada Materi Ketimbangan Kimia. Skripsi. Jurusan Pendidikan kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si dan Pembimbing II Masrid Pikoli, S.Pd, M.Pd.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI RSBI SMAN 3 Gorontalo dalam menyelesaikan soal-soal kimia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada Materi Kesetimbangan Kimia. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu Alam (IA) SMAN 3 Gorontalo dengan sampel kelas XI IA-1 dan XI IA-2 yang merupakan kelas RSBI sebanyak 50 siswa yang dipilih dengan teknik sampling bertujuan.

Data dikumpulkan dengan menggunakan tes sebagai instrumen. Hasil uji validitas tes adalah 97,44% dan koefisien reliabilitas 0,77.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa kelas XI RSBI SMA Negeri 3 Gorontalo dalam menyelesaikan soal-soal kimia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada materi kesetimbangan kimia tergolong rendah. Rata-rata kemampuan siswa untuk soal berbahasa Indonesia pada beberapa konsep yang diujikan sebesar 51,48% dan rata-rata untuk seluruh siswa adalah 50,233%. Sedangkan untuk soal berbahasa Inggris, rata-rata kemampuan siswa pada beberapa konsep yang diujikan adalah 46,63% dan rata-rata untuk seluruh siswa sebesar 44,82%. Rata-rata persentase kemampuan siswa untuk soal berbahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan soal yang berbahasa Inggris dan persentase tersebut dibawah tingkat pencapaian minimal. Dengan demikian program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yang telah diterapkan SMAN 3 Gorontalo, dilihat dari aspek penggunaan bahasa asing (bahasa Inggris) khusunya mata pelajaran kimia dianggap belum berhasil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan, (1) Kepada pihak sekolah agar mengevaluasi program RSBI yang telah diterapkan, khsusnya penggunaan bahasa asing dalam proses pembelajaran, (2) hendaknya guru lebih meningkatkan proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk materi kesetimbangan kimia dan mengintensifkan penggunaan bahasa Inggris dalam proses pembelajaran, (3) dilakukan penelitian yang sejenis dengan penelitian ini dengan mengembangkan materi dan tipe soal serta menggunakan instrumen yang lebih baik dan mengambil subjek penelitian untuk daerah yang lebih luas yang telah menerapkan program RSBI.

 

Kata Kunci: Kemampuan menyelesaikan soal, RSBI, Kesetimbangan Kimia

Coresponding : Jafar La Kilo    | e-mail : jafar.chemist@gmail.com | Phone : 085298107191

 

About Abu Maryam

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Posted on November 30, 2010, in Penelitian. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(new) Iqmal Tahir's Blog

Ternyata tidak cuma kimia saja yang ingin kutulis...

Abu Maryam Notes

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S 58:11)

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: