Aqidah dalam Cengkeraman ‘Paul’ Sang Gurita

‘Paul’ Sang Gurita

Meskipun tinggal beberapa waktu lagi akan segera berakhir, euforia Piala Dunia masih terasa diseantero jagad raya. Bahkan semakin meriah lagi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya tempat yang disediakan untuk nonton bareng dengan berbagai fasilitasnya. Setiap hari kita selalu mendengar perbincangan seputar Piala Dunia dari orang-orang disekeliling kita. Teriakan membahana disaat orang-orang sedang tertidur pulas pada sepertiga malam terakhir. Waktu (sepertiga malam terakhir) yang disebut oleh Rasulullah sebagai waktu yang paling mustajab untuk berdo’a dan bermunajat kepada Allah Subahanahu Wa Ta’ala digunakan untuk ‘khusyu’ menyaksikan tim kebanggaannya beraksi dilapangan hijau Afrika selatan. ‘Ikhlash’ tidak tidur malam hanya untuk menyaksikan tim kesangannya berlaga. Theme Songs Piala Dunia dijadikan sebagai hiburan sehari-hari. Berbagai aktivitas ibadahpun ditinggalkan dan tergantikan dengan aktivitas Piala Dunia, na’udzubillahi min dzalik.

GURITA PERUSAK AQIDAH

Ditengah euforia Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, para maniak sepak bola sejagad dikagetkan oleh Paul, seekor gurita berumur dua tahun yang lahir di Inggris dan besar di sea life Jerman yang dijuluki sebagai tukang ramal atau dukun. Sangat banyak orang yang telah terpengaruh dan percaya dengan ‘ramalan-ramalan’ Sang Gurita ini. Pasalnya pada Piala Dunia 2010 belum satupun ‘ramalan’ Sang Gurita yang melesat dalam menebak tim yang akan menang. Layaknya seorang peramal, Sang Gurita pun pernah salah dalam ‘meramal’ yaitu tatkala final EURO 2008 yang mempertemukan Jerman dengan Spanyol, saat itu Paul berpihak pada Jerman akan tetapi kemenangan ditangan Spanyol. Nama Sang Gurita semakin populer tatkala ‘meramal’ kemenangan Spanyol atas negara asalnya, Jerman pada Semifinal Piala Dunia 2010, ‘ramalan’ ini pun terbukti. Dan ini semakin menambah keyakinan orang-orang bodoh kepada ‘dukun’ Sang Gurita.

Paul bukanlah dukun (manusia), akan tetapi kepercayaan orang kepadanya melebihi kepercayaan mereka kepada dukun, tukang ramal dan sejenisnya. Lantas! Bagaimana cara Paul dalam ‘meramal’ kemenangan suatu tim (sepak bola)? Menurut Tanja Munzig, juru bicara Sea Life, cara meramal Paul adalah dengan memberi pilihan makanan yang sama dalam dua kotak plastik bertanda bendera tim yang bertanding. Makanan di kotak dengan tanda bendera tertentu yang lebih dulu dimakan dipilih sebagai tim yang akan menang. Ramalan-ramalan Paul ini juga dijadikan ‘rujukan utama’ oleh para penjudi-penjudi di Piala Dunia. Selai Paul, hewan lain yang juga sempat dijadikan rujukan dalam ‘meramal’ kemenangan suatu tim pada kompetisi Piala Dunia adalah seekor ular dari Afrika milik seorang dukun sangoma yang diberi nama 2010. Ular 2010 ini digunakan sangoma sebagai mediator komunikasi dunia nyata dengan dunia roh nenek moyang. Untungnya, sang ular ini kemudian diselamatkan balai penyelamatan hewan (Society for the Prevention of Cruelty to Animals/SPCA) dan kepolisian setempat dari sang dukun

‘RAMALAN’ PAUL DALAM TINJAUAN AQIDAH

Secara umum mendatangi dan mempercayai perkataan tukang ramal, dukun, ahli nujum dan lain sebagainya merupakan perkara yang terlarang dalam Islam. Sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu ‘alahi wasallam :

Barang siapa mendatangi dukun dan tukang ramal, lalu membenarkan apa yang dikatakannya, sungguh dia telah kufur terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad”. (HR Ahmad)

Adapun jika orang yang datang tersebut tidak mempercayai bahwa mereka mengetahui perkara-perkara ghaib, tetapi misalnya untuk sekedar tahu, coba-coba atau sejenisnya, jika ia shalat maka shalatnya tidak akan diterima selama empat puluh hari. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Barang siapa mendatangi tukang ramal, lalu ia menanyakan padanya tentang sesuatu, maka tidak di

terima shalatnya selama empat puluh malam” (Shahih Muslim)

Adapun ‘ramalan’ dengan melihat tingkah laku binatang disebut Tathayyur atau disebut juga dengan thiyarah, secara bahasa diambil dari kata thair (burung). Pada zaman jahiliah, orang-orang terbiasa mengundi nasib dengan menerbangkan burung. Jika burung terbang ke kanan, maka diartikan nasib baik. Sebaliknya, jika burung terbang ke kiri, maka diartikan nasib sial. Sedangkan secara istilah, tathayyur adalah menganggap kesialan karena adanya suatu hal. Atau menyandarkan suatu hal dengan menghubungkan suatu kejadian untuk kejadian lain yang tidak memiliki hubungan sebab akibat, dan hanya merupakan takhayul.Di masyarakat kita, tathayyur banyak sekali kita jumpai. Seperti pada kisah di atas, merasa akan ada keluarga yang meninggal karena kejatuhan cicak. Contoh lain adalah berkeyakinan jika mimpi gigi tanggal berarti akan ada keluarga yang meninggal, ada yang membicarakan bila kuping terasa gatal, merasa sial dengan angka tiga belas, merasa sial setelah melihat kucing hitam, tidak berani menikah di Bulan Muharram, atau yang dikenal dengan Bulan Suro karena takut sial, merasa bakal ada tamu yang akan datang karena kupu-kupu masuk ke dalam rumah dan berbagai bentuk tathayyur yang lain.

HUKUM TATHAYYUR

Tathayyur merupakan perbuatan syirik yang bisa merusak tauhid. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman yang artinya, Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan meraka tidak mengetahui (QS. Al A’raaf: 131)

Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wasallam bersabda yang artinya, Thiyyarah itu perbuatan syirik, thiyyarah itu perbuatan syirik, tidak ada seorangpun di antara kita kecuali (telah terjadi dalam hatinya sesuatu dari hal ini), hanya saja Allah Subhanahu Wa Ta’ala bisa menghilangkannya dengan tawakkal kepadaNya (HR Abu Dawud dan At Tirmidzi)

Tathayyur berasal dari godaan rasa takut dan bisikan yang berasal dari syaithan. Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wasallam bersabda, dari Mu’awiyah bin Al Hakam bahwasannya ia berkata kepada Rasulullah s hallallahu ‘alahi wasallam, ’Di antara kami ada orang-orang yang ber tathayyur.’ Beliau menjawab, ’Itu adalah sesuatu yang akan kalian temukan dalam diri kalian, akan tetapi janganlah engkau jadikan ia sebagai penghalang bagimu” (HR. Muslim)

BERSEGERALAH MENUJU AMPUNAN ALLAH

Sesungguhnya Islam adalah agam yang telah sempurna. Tidaklah satu perkara pun (apalagi perkara aqidah) kecuali telah dijelaskan oleh Allah dan RasulNya yang termaktub dalam al-Qur’an dan sunnah Rasululullah shalallahu ‘alahi wasallam. Tidak mungkin kita bisa beribadah kepada Allah dengan melaksanakan apa-apa yang diridhoi-Nya kecuali melalaui informasi dari para Rasul, karena mereka sajalah yang menjelaskan kepada kita, apa yang dicintai dan diridhoi oleh Allah serta apa yang bisa mendekatkan kita kepada-Nya.

Dan taatilah Allah dan Rasul, supaya kamu diberi rahmat.Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa” (Q.S 3 : 132-133)

Semoga Allah memperbaiki amalan-malan kita dan mengampuni segala dosa yang telah diperbuat serta menggolongkan kita sebagai orang-orang yang mendapat kemenangan,

Niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar” (Q.S 33 : 71)

About Abu Maryam

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Posted on July 9, 2010, in Aqidah, Artikel Islamy. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. di goreng aja rak wis

  2. Iya setuju banget tuh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(new) Iqmal Tahir's Blog

Ternyata tidak cuma kimia saja yang ingin kutulis...

Abu Maryam Notes

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S 58:11)

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: