CHARLOTA DISEASE

Bismillahirrahmanirrahim

Sahabatku! Tentu kita senantiasa menginginkan kebaikan menghiasi ruang kehidupan kita. Dan tidak satupun dari kita menginginkan kehidupan ini dihiasi dengan tumpukan duri, dosa. Oleh karena itu, telah menjadi kewajiban setiap muslim untuk saling mengingatkan (menasihati) dalam kebaikan bukan dalam keburukan agar tumpukan dosa itu berkurang bahkan akan hilang ketika kita senantiasa mengamalkan kebaikan yang diperintahkan Allah dan rasul-Nya. Sangat banyak sarana (kebaikan) yang dapat dimanfaatkan untuk saling mengingatkan, salah satunya adalah lewat tulisan.

Sahabatku! Nasihat ini merupakan revisi dari tulisan sebelumnya yang pernah saya publish di Grup Gorontalo Muslim United. Semoga Anda tidak bosan membacanya😀. Selamat menikmati!

Charlota disease adalah salah satu penyakit yang pada umumnya menyerang para wanita, namun tidak jarang ada juga lelaki yang terserang wabah ini. Charlota disease merupakan penyakit yang sangat berbahaya, bahkan lebih berbahaya dari minamata disease. Ya, lebih berbahaya dari minamata disease. Karena minamata disease menyebabkan penderitanya sengsara di dunia dan telah ditemukan obatnya. Sedangkan charlota disease akan menyebabkan penderitanya sengsara di akhirat dan tidak ada obatnya kecuali bertobat kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Tentu kita tidak menginginkan ending dari kehidupan kita berujung pada neraka.

Mengenal Charlota Disease

Charlote Disease merupakan istilah populer di Gorontalo ketika membicarakan aib orang lain yang dalam bahasa syar’inya disebut Ghibah.

Pengertian ghibah dapat diketahui dengan memperhatikan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahihnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tahukah kalian apa itu ghibah?”, Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Beliau bersabda, “Yaitu engkau menceritakan tentang saudaramu yang membuatnya tidak suka.” Lalu ditanyakan kepada beliau, “Lalu bagaimana apabila pada diri saudara saya itu kenyataannya sebagaimana yang saya ungkapkan?” Maka beliau bersabda, “Apabila cerita yang engkau katakan itu sesuai dengan kenyataan maka engkau telah meng-ghibahinya. Dan apabila ternyata tidak sesuai dengan kenyataan dirinya maka engkau telah berdusta atas namanya (berbuat buhtan).” (HR. Muslim. 4/2001.

Ghibah adalah perbuatan dosa besar, yang bahkan Allah menyamakan orang yang melakukan ghibah dengan orang yang memakan bangkai saudaranya, Allah ta’ala berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah sebagian kalian menggunjingkan (ghibah) sebagian yang lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”(QS. Al-Hujuraat: 12)

Charlota Disease, Halal atau Haram?

Di dalam Sunan Abu Dawud tercantum sebuah hadits yang diriwayatkan dari jalan ‘Aisyah. Beliau berkata: “Wahai Rasulullah, cukuplah menjadi bukti bagimu kalau ternyata Shafiyah itu memiliki sifat demikian dan demikian.” Salah seorang periwayat hadits menjelaskan maksud ucapan ‘Aisyah bahwa Shafiyah itu orangnya pendek. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh engkau telah mengucapkan sebuah kalimat yang seandainya dicelupkan ke dalam lautan maka niscaya akan merubahnya.”

Di dalam Sunan Tirmidzi terdapat riwayat yang menceritakan hadits dari jalan Ibnu ‘Umar, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam naik mimbar dan menyeru dengan suara yang lantang: “Wahai segenap manusia yang masih beriman dengan lisannya namun iman itu belum meresap ke dalam hatinya janganlah kalian menyakiti kaum muslimin. Dan janganlah melecehkan mereka. Dan janganlah mencari-cari kesalahan-kesalahan mereka. Karena sesungguhnya barang siapa yang sengaja mencari-cari kejelekan saudaranya sesama muslim maka Allah akan mengorek-ngorek kesalahan-kesalahannya. Dan barang siapa yang dikorek-korek kesalahannya oleh Allah maka pasti dihinakan, meskipun dia berada di dalam bilik rumahnya.” (Hadits ini tercantum dalam Shahihul Musnad, 1/508)

Di dalam Sunan Abu Dawud juga terdapat riwayat dari Anas bin Malik, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ketika aku dimi’rajkan aku melewati suatu kaum yang memiliki kuku-kuku dari tembaga. Dengan kuku-kuku itu mereka mencakar-cakar wajah dan dada-dada mereka sendiri. Maka aku berkata: ‘Siapakah mereka itu wahai Jibril?’ Jibril menjawab, ‘Mereka itu adalah orang-orang yang berani memakan daging-daging manusia serta menjatuhkan kehormatan dan harga diri orang lain’.

Cukuplah beberapa ayat al-Qur’an dan hadist di atas yang menjelaskan keharaman berbuat ghibah. Segeralah bertaubat kepada Allah ta’ala, jika charlota disease masih menghiasi kehidupan Anda Semoga hati kita dapat menerimanya dengan ikhlas dan Semoga Allah ta’ala menghindarkan kita dari dari pernyakit yang sangat berbahaya ini. Amin!

About Abu Maryam

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Posted on April 12, 2010, in Artikel Islamy. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. wah, pengetahuan baru ni.thanks ya,,semoga kita selalu dijauhkan dari penyakit ini…amin

  2. kesan pertama baca.. penasaran coz penyakit itu gak ada di berita manapun.hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(new) Iqmal Tahir's Blog

Ternyata tidak cuma kimia saja yang ingin kutulis...

Abu Maryam Notes

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S 58:11)

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: