Ungkapan Cinta Paling Indah

Saudaraku! Mari bicara tentang cinta.

Bicara tentang cinta, siapa yang tidak mau? Semua orang pasti akan mendekat (tua ataupun muda) karena tertarik oleh magnet cinta. Itulah salah satu kekuatan cinta. Mengapa demikian? Karena dengan cinta seorang ibu rela mengorbankan segalanya demi anaknya, dengan cinta seorang yang kejam akan berubah menjadi lembut, dengan cinta seorang pengecut akan berubah menjadi seorang pemberani, dengan cinta seorang wanita rela memberikan apa yang dimilikinya sampai  “hartanya yang paling berharga pun” kepada sang pacar, na’udzubillahi min dzalik dan dengan cinta….

What  Is Love?

Ketika kita bertanya kepada beberapa orang tentang definisi cinta, pasti mereka akan memberikan jawaban yang berbeda-beda. Itulah uniknya cinta, sangat sulit untuk didefinisikan.

Pembaca yang budiman! Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam bukunya Taman Orang-orang yang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu mendifinisikan cinta sebagai berikut:

  1. 1. Cinta adalah bersatunya keinginan sang pecinta dan yang dicintai
  2. 2. Cinta adalah mendahulukan keinginan orang yang dicintai
  3. 3. Cinta adalah merana atau terjajahnya hati ketika mengingat orang-orang yang dicintai
  4. 4. Cinta adalah ketenangan tanpa kegelisahan ketika berada disisi orang yang dicintai. Dan kegelisahan tanpa ketenangan ketika jauh dari orang yang dicintai.

Itulah beberapa definisi dari sekian definisi cinta yang diberikan oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam bukunya tersebut.

Ungkapan Cinta Paling Indah

Pembaca yang budiman! Kembali saya akan mengutarakan sebuah kisah yang diceritakan oleh Bakar Ibnu Abdullah al-Muzany dan diabadikan oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah Rahimahullahu dalam bukunya, Taman Orang-orang yang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu. Sebuah kisah yang dapat menggugah hati yaitu kisah tentang ungkapan cinta (paling indah) dari seorang lelaki kepada wanita yang sangat ia cintai. Berikut adalah kisahnya:

“Suatu ketika ada seorang lelaki penjual daging yang jatuh cinta kepada seorang wanita yang juga tetangganya sendiri. Suatu hari wanita tersebut pergi ke pasar untuk membeli daging dan kebetulan ia membeli daging pada tetangganya tersebut. Setelah membeli daging wanita tersebut pulang dan lelaki (penjual daging) mengikuti wanita ini. Dalam perjalanan, disuatu tempat yang sepi, sang lelaki (penjual daging) mengungkapkan rasa cintanya kepada sang wanita dengan rayuan dan gombalan untuk menarik hati sang wanita. Kemudian sang wanita membalas ungkapan cinta lelaki tersebut, aku lebih mencintaimu melebihi cintamu kepadaku, tetapi aku lebih takut kepada Allah. Sang lelaki menjawab, engkau saja takut kepada Allah, apalagi aku! Kemudian dia langsung berpaling”

Itulah kisah ungkapan cinta paling indah dua sosok manusia yang pernah tercatat dalam sejarah. Dari kisah ini kita dapat melihat bagaimana sikap seorang wanita ketika menjawab ungkapan cinta dari seorang lelaki bahwa dia lebih takut Allah subhanahu wa ta’ala meskipun saldo cinta yang dimiliki oleh sang wanita lebih besar dibandingkan dengan saldo cinta yang dimiliki oleh yang mengungkapkan cinta tersebut (baca; lelaki). Dari kisah ini pula kita dapat melihat bagaimana reaksi sang lelaki ketika ungkapan cintanya “ditolak”, beliau tidak serta-merta marah atau bersedih akan tetapi beliau pun memberikan ungkapan yang sangat indah, ‘Engkau saja takut kepada Allah apalagi Aku!

Subhanallahu!

Semoga bermanfaat!

About Abu Maryam

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Posted on March 16, 2010, in Renungan. Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Sungguh indah jika cinta kita terkait erat dengan Sang Maha Cinta

  2. Cinta hakiki cinta pada Illaahi

  3. cinta kepada Allah & Allah pun akan mencintai kita,amin.

  4. AMIN, TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG…

  5. cinta yg terindah hanyalah cinta kpd Allah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(new) Iqmal Tahir's Blog

Ternyata tidak cuma kimia saja yang ingin kutulis...

Abu Maryam Notes

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S 58:11)

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: