WUJUDKAN MIMPI-MIMPIMU

Setelah besar nanti, Kamu mau jadi apa Nak! Itulah pertanyaan yang selalu diutarakan oleh orang tua atau keluarga dekat kita semenjak masa kanak-kanak. Setiap orang tentu akan memiliki jawaban yang berbeda-beda dalam menjawab pertanyaan ini. Mungkin ada yang menjawab, Aku mau jadi Polisi, biar bisa berkelahi dengan mahasiswa, eii..i.it, just kidding, Aku mau jadi Dokter, biar bisa buka praktik gratis, Aku ingin jadi guru, biar bisa menciptakan orang-orang jujur dan cerdas bukan koruptor. Dan sederetan ‘jadi-jadian’ yang lain.

Hal serupa juga kami pernah tanyakan kepada siswa sekolah menengah (SMA). Sebagian besar dari mereka menjawab bahwa mereka ingin jadi paramedis (dokter, perawat, bidan, de el el), ada juga yang ingin jadi pengajar di perguruan tinggi (dosen), pramugari, pengusaha dan wanita karir. Dan masing-masing dari mereka juga menuliskan, ”Saya ingin masuk syurga”.

Sederetan ‘jadi-jadian’ (baca ; keinginan) inilah yang disebut dengan cita-cita. Cita-cita adalah mimpi indah setiap orang, tentu mimpi tidak sekedar mimpi, tapi berusaha untuk diwujudkan atau menjadi kenyataan (dream will become true).

Bagaimana mewujudkan mimpi?

Baca dan ikuti tips dari Kang Muhammad Nur (www.andriewongso.com) berikut!

Bermimpilah yang tinggi, tetapi bukan sekadar mimpi. Tidak akan berguna mimpi yang indah atau mimpi yang luhur jika tanpa tindakan untuk memulai meraih mimpi tersebut. Mimpi memang sangat perlu untuk memelihara gairah hidup dan kemajuan, tetapi mimpi tanpa disertai tindakan hanyalah seperti pepesan kosong belaka.

Belajarlah tiada henti. Belajar adalah salah satu modal sukses bagi setiap orang. Sering orang mengatakan tidak bisa tanpa pernah belajar. Jika saat ini masih banyak yang belum Anda kuasai, sudahkah Anda belajar? Namun belajar tidak akan ada gunanya, meskipun seberapa lama Anda belajar, seberapa tinggi ilmu Anda, dan seberapa kompleks ilmu Anda, tanpa disertai aplikasi dari ilmu tersebut. Jangan hanya asyik dengan belajar, mencari strategi yang jitu agar Anda bisa sukses cepat. Karena suatu strategi bisa diketahui jitu jika kita telah mengaplikasikan strategi tersebut, bahkan keadaan lapangan bisa berbeda dengan teori. Teori memang perlu, belajar memang perlu, tetapi mengaplikasikan teori yang telah kita pelajari itu lebih perlu. Aplikasi atau tindakanlah yang membuat orang sukses, tentu saja setelah mimpi yang tinggi dan ilmu yang mencukupi. Tindakanlah yang membedakan antara orang yang sukses dengan pemimpi di siang bolong. Tindakanlah yang akan memberi makna terhadap ilmu yang Anda miliki, sebagaimana peribahasa Arab mengatakan “Ilmu tanpa amalan bagaikan pohon tanpa buah.” Ilmu dan tindakan merupakan satu kesatuan yang tak mungkin dipisahkan. Tindakan bukan sembarang tindakan, tindakan yang diperlukan untuk sukses adalah tindakan yang kontinu (berkseinambungan) penuh komitmen. Ini sejalur dengan hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam yang mengatakan, “Amalan yang paling disukai Allah adalah amalan yang sedikit tapi berkelanjutan”. Tindakan yang cerdas bukan hanya keras, tindakan yang dilandasi dengan strategi jitu yang sudah kita susun dengan tepat. Integritas serta komitmen amatlah dituntut untuk mencapai apa yang selama ini diharapakan dalam mencapai sebuah mimpi. Siapkah Anda mengamalkan ilmu Anda…?

Happy a Nice Dream not a Nightmare (selamat bermimpi indah bukan mimpi buruk)

Pondok Kecil, 05 Februari 2010

About Abu Maryam

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Posted on February 16, 2010, in Artikel Motivasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(new) Iqmal Tahir's Blog

Ternyata tidak cuma kimia saja yang ingin kutulis...

Abu Maryam Notes

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S 58:11)

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: