//
Anda sedang membaca...
Manajemen

Analisis SWOT

PENDAHULUAN

Untuk dapat bertahan dan hidup lebih berkembang makhluk hidup yang disebut “organisasi atau institusi” akan berhadapan dengan kondisi lingkungan. Lingkungan yang menentukan keberlangsungan hidupnya tidak bisa dihindari, melainkan harus disiasati guna mencapai tujuan organisasi. Untuk itu diperlukan analisa dan perencanaan yang matang. Salah satu model untuk menganalisa kondisi tersebut disebut dengan analisa SWOT, yaitu melihat aspek internal dan eksternal organisasi. Hasil analisa SWOT ini akhirnya digunakan untuk menentukan arah dan kebijakan strategi untuk program organisasi.

LINGKUNGAN ORGANISASI

Kondisi lingkungan organisasi pada milenium ketiga, yaitu era informasi diwarnai oleh banyak perubahan. Perubahan yang terjadi yaitu adanya persaingan yang sangat kompetitif (competitive), perubahan yang selalu ada dari waktu ke waktu ( change), kondisi yang penuh tantangan (challenge), dan perubahan yang tidak bisa diprediksi (uncertainly). Walaupun disisi lain, dari kondisi tersebut terdapat peluang-peluang (oppurtunities) bagi lembaga , institusi atau individu yang dapat mengantisipasi, proaktif dan kreatif dalam menyikapi lingkungan.

Beberapa indikator kondisi organisasi dalam percaturan yang ada, yaitu :

· Kondisi organisasi dalam pasar, apakah tumbuh atau jatuh ?

· Ukuran batas keuntungan, apakah dapat dicapai ?

· Trend organisasi dari aspek “investasi”, balik modal ngak ?

· Bagaimana tingkat penjualan produk, apakah berjalan lebih cepat atau lebih lambat dari kondisi pasar yang ada ?

· Posisi kompetisi, apakah meningkat atau tertidur ?

Perlu menggunakan ide kreatif untuk menterjemahkan beberapa aspek di atas kepada kondisi organisasi anda yang relevan. Lima poin tersebut di atas cukup mudah untuk melihat analisa sesaat dari sukses atau gagalnya organisasi.

Buatlah potret organisasi, agar membantu langkah selanjutnya.

PERENCANAAN ORGANISASI

Pada akhirnya setiap organisasi semakin memerlukan perencanaan yang matang untuk menuntun organisasinya pada kondisi yang serba sulit penuh tantangan, hal ini dimaksudkan agar misi organisasi yang dicita-citakan akan dapat terwujud.

Perencanaan organisasi yang baik hendaknya melihat :

· Arah utama (Visi dan Misi – main stream) dari organisasi.

· Komponen-komponen dan kondisi yang terdapat pada lingkungan organisasi. (eksternal)

· Komponen-komponen dan kondisi yang terdapat di dalam organisasi (internal)

· Informasi masa lalu, sekarang dan prediksi ke depan.

Dari empat poin tersebut di atas, maka organisasi dapat membuat analisa untuk perencanaan strategik organisasi. Beberapa model analisa untuk perencanaan strategik organisasi dapat digunakan : analisa SWOT, need assessment program dll.

Anda perlu mengetahui arah (VISI) dan tujuan (MISI) organisasi anda dengan baik !!

ANALISA SWOT

Pengertian analisa SWOT adalah kegiatan untuk melihat organisasi dari aspek internal dan aspek eksternal.

Aspek internal organisasi berupa :

q Kekuatan-kekuatan yang dimiliki (strenghts),

q Kelemahan-kelemahan organisasi (weeknesses),

Aspek eksternal organisasi berupa :

q Kendala dan ancaman dalam mencapai misi organisasi (threats)

q Peluang-peluang yang mungkin dapat diperoleh dari lingkungan (oppurtunities).

Untuk membuat agar analisa SWOT dapat lebih komprehensif dan terintegrasi dari keempat komponen yang dianalisa (SWOT), maka diperlukan diskusi dan pembahasan yang intensif dalam tim atau kelompok kerja yang dimiliki oleh organissi.

Untuk memudahkan dalam menelusuri data , maka dapat dikembangkan chek list guna memandu analisa SWOT.

ANALISA TINGKAT KOMPETITIF ORGANISASI

Untuk lebih membuat jelas “potret” organisasi setelah dilakukan analisa SWOT, maka langkah selanjutnya dapat diteruskan (difokuskan) dengan membuat analisa tingkat kompetitif organisasi ( competitive position assessment). Hal -hal penting yang dapat digunakan untuk analisa ini adalah :

¨ Bagaimana kekuatan organisasi pada posisi kompetisi saat ini ?

¨ Apakah posisi organisasi meningkat atau memburuk ?

¨ Bagaimana kondisi organisasi pada point-point penting yang berpengaruh dengan organisasi lian yang sejenis ?

¨ Keuntungan apakah yang telah diperoleh ?

¨ Faktor apa yang diperlukan agar organisasi dapat bertahan pada posisi saat ini ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dikembangankan dengan diskusi dan chek list yang lebih komprehensif.

PERENCANAAN STRATEGIK.

Hasil dari SWOT dapat digunakan untuk menentukan langkah strategik organisasi. Beberapa kebijakan strategik yaitu :

1. Konsentrasi pertumbuhan : produk tidak diubah, pasar diperbesar, mengejar kekurangan pertumbuhan.

2. Pengembangan pasar: produk kita sedikit/ itu-itu saja, sedikit diubah sasaran baru.

3. Pengembangan produk: produk lama dimodifikasi habis-habisan, format acara diubah.

4. Inovasi: buat sesuatu yang baru, biar ada nuansa lain.

5. Integrasi horizantal: memperlebar jaringan ke samping, kompetisi yang seimbang.

6. Integrasi vertikal: memperlebar ke atas, melanjutkan dan memperbaiki produk lama.

7. Usaha patungan: agar hidup lebih baik membuat kolaborasi dengan pihak lain, buat usaha saling tahu (MOU).

8. Diversifikasi konsentrik: pindah bidang usaha tapi masih berhubungan, menghilangkan luka lama tapi pengalaman masih terpakai.

9. Deversifikasi konglomerat : pindah bidang usaha yang tidak berhubungan,pindah penyelamatan total, golek slamet.

10. Perubahan haluan: putar haluan (turn around ) karena tidak mungkin maju, strategi memutar arah utama.

11. Reduksi: pengurangan produk atau kegiatan agar bertahan, pengurangan dengan menyisakan pos tertentu saja yang menguntungkan, bila ada bagian yang bersifat parasit potong saja agar tidak mematikan jaringan lain, simbiosis parasitisme.

12. Divesture: kita jual habis, kita kasih orang lain, karena tidak mungkin mengurus maka berikan orang lain dan ambil hak ciptanya saja (numpang nama/ produk ).

13. Likuidasi: bubarkan saja karena tidak ada hasil.

PENUTUP.

Organisasi/ lembaga mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut dapat dicapai setelah melewati tujuan sementara. Peluang adalah tujuan sementara yang harus kita raih. Membuat analisa SWOT adalah salah satu cara untuk memperjelas peluang yang dapat diperoleh.Semakin banyak kita melewati tujuan sementara, maka membuat semakin jelasnya posisi dimana organisasi berada.

About these ads

About Ja'far Abu Naufal

menjelajahi lautan 'ilmu sebagai bekal di akhirat kelak

Discussion

4 thoughts on “Analisis SWOT

  1. koq pendek banget? panjangin dkit ya………………….

    Posted by ZAINAL MUSTAFA | December 1, 2009, 22:35
  2. bSa ngGa kLo Aku miNta MakaLAh tNtanG AnALISIS SWOT…?
    toLoNg Yah….!

    Posted by ririn | January 8, 2010, 22:35
  3. bagus banget tlg di tambah sy ada tugas bikin makalh analisis swot. ya py pengetahuan bagi bagi dong

    Posted by atok.illah | March 21, 2011, 22:35
  4. lebih detail dong

    Posted by upik | December 8, 2011, 22:35

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 565 other followers

%d bloggers like this: